Senin, 09 April 2012

Analisis Marketing Mix pada Amanda Brownies


Bauran pasar Amanda Brownies meliputi:
1.    Product (Produk yang ditawarkan)
Brownies kukus Amanda merupakan suatu produk yang berasal dari Bandung yang semula hanya mengandalkan produksi “Brownies Kukus Original’/Chocolate”, sekarang telah memproduksi Brownies kukus dengan rasa yang beraneka ragam guna mengikuti perkembangan pasar dan selera konsumen.
“Kalau produk hasil dari sebuah perusahaan memiliki nilai unik atau dianggap unik dalam pasar yang luas, maka produk itu mempunyai keunggulan diferensiasi” (Keegan, 2007:17). Amanda Brownies hanya menghasilkan produk yang berupa Brownies, namun dengan inovasi rasa yang berbeda.
Inovasi-inovasi baru tersebut adalah dengan menciptakan Brownies dengan berbagai rasa, yaitu:
a.       Cream Cheese (Cream keju yang sangat terasa di lidah)
b.      Blueberry (varian rasa manis dan asem yang menyegarkan)
c.       Tiramisu (paduan antara rempah dan keju yang membuat keunikan rasa yang berbeda dengan produk sejenis)
d.      Choco Marble (sangat cocok bagi penggemar cokelat)
e.       Pandan Srikaya (rasa pandan yang ditaburi dengan wijen)
f.       Banana Bizz (perpaduan antara pisang dan biscuit di dalam lapisan tengah kue)
g.      Bownies kering dan Brownies Bakar (kenikmatan rasa cokelat, susu, dan keju dengan teksturnya yang lembut)
h.      Dan variasi rasa yang lainnya
(Inovasi-inovasi rasa Amanda Brownies)
Dengan adanya inovasi rasa ini di harapkan para konsumen akan menjadi lebih tertarik membeli produk “Brownies Amanda” sesuai dengan selera masing-masing konsumen, selain itu inovasi rasa ini juga dimaksudkan untuk membidik/menarik semua segmen pasar (pangsa pasar), mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga manula. Meskipun rasa yang ditawarkan sangat beraneka ragam yang paling diminati oleh konsumen adalah “Brownies Kukus Original’/Chocolate”.

2.    Price (Harga)
Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa produk yang ditawarkan “Brownies Amanda” sangatlah beraneka ragam. Agar segmentasi pasar dapat tercapai maka harga yang ditawarkan juga beraneka ragam. Daftar harga tersebut adalah:
a.       Brownies Kukus Original                                   Rp 24,000
b.      Brownies Kukus Sarikaya Pandan                     Rp 28,000
c.       Brownies Kukus Cheese Cream                         Rp 47,000
d.      Brownies kukus banana bizz                              Rp 28,000
e.       Brownies kukus blueberry                                  Rp 28,000
f.       Brownies kukus Choco marble                           Rp 28,000
g.      Brownies kukus Pink marble                              Rp 28,000
h.      Brownies Kukus green marble                            Rp 30,000
i.        Brownies kukus tiramisu marble             Rp 30,000
j.        Brownies kukus tiramisu                                    Rp 32,000
k.      Brownies bakar                                                   Rp 22,000
l.        Brownies kering                                                  Rp 15,000
m.    Beef pastry                                                         Rp 30,000
n.      Chicken pastry                                                    Rp 30,000
o.      Pisang Bolen coklat                                            Rp 24,000
p.      Pisang bolen keju                                                Rp 24,000
q.      Cake ketan bakar blueberry                                Rp 23,000
r.        Cake ketan bakar sarikaya                                  Rp 21,000
s.       Cheese roll                                                          Rp 30,000
t.        Cheese Stick                                                       Rp 25,000
u.      Sweet stick                                                         Rp 22,500
v.      Bangket duo                                                       Rp 15,000
Data di atas meunjukkan bahwa harga (price) yang ditawarkan “Amanda Brownies” sangatlah beragam. Hal ini dimaksudkan agar konsumen dari bebagai segmen pasar dapat menjangkau produk ini. Akan tetapi produk ini lebih condong untuk segmen pasar menengah keatas.

3.    Place (Lokasi usaha)
Amanda Brownies cabang 1 malang terletak di jalan Arief Rahman Hakim No 26A kota Klojen. Lokasi tersebut merupakan lokasi yang mudah dijangkau karena letaknya yang strategis serta dekat dengan pusat perbelanjaan dan alun-alun kota Malang sehingga akan mudah diakses oleh para konsumen.
Lokasi akan mempengaruhi jumlah dan jenis konsumen yang akan tertarik untuk datang ke lokasi yang strategis, mudah dijangkau oleh secara transportasi yang ada, serta kapasitas parkir yang cukup memadai bagi konsumen (Foster, 2008:152).
(Lokasi Amanda Brownies cabang 1 Malang)
(Toko Amanda Brownies Cabang 1 Malang)

4.    Promotion (promosi)
CV Amanda melakukan promosi dari mulut ke mulut sebagai strategi promosi pertama untuk memperkenalkan produk Amanda Brownies Kukus kepada masyarakat yang pada saat itu segmentasinya hanya ibu-ibu rumah tangga di daerah Margahayu, Bandung. Strategi promosi dari mulut ke mulut ini menimbulkan efek bola salju hingga mencapai kesuksesan sampai saat ini. Selama perjalannya menggunakan strategi promosi dari mulut ke mulut, CV Amanda dipengaruhi berbagai faktor baik faktor yang mendorong maupun faktor penghambat. Faktor pendorongnya berasal dari konsumen, sedangkan faktor penghambat berasal dari kompetitor, para pengecer atau penjual produk Amanda Brownies Kukus dan isu-isu negatif yang tidak terelakan. Selain itu, seiring perkembangan usaha dan teknologi yang ada, strategi promosi CV Amanda kini diperkuat dengan promosi melalui media, baik cetak maupun elektronik seperti promosi melalui below the line, yaitu banner, billboard, spanduk, flayer, pamphlet dan lain-lain. Serta menggunakan event-event yang dipersembahkan kepada konsumen dari Amanda Brownies Kukus sebagai tanda terima kasih. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang didapat strategi promosi word of mouth pada Amanda Brownies Kukus Bandung yaitu strategi promosi dari mulut ke mulut ini memiliki pengaruh besar bagi kesuksesan CV Amanda dalam mempromosikan produk. Perencanaan dan pelaksanaan dari strategi promosi word of mouth ini sangat sederhana namun memiliki hasil yang besar. Hasil dari pelaksanaan strategi ini menghasilkan suatu model jaringan komunikasi sederhana atau jaringan promosi yang terjadi dalam konsumen Amanda Brownies Kukus.
Bagan alur promosi:

 







(Diagram alur proses promosi Amanda Brownies)
Contoh pamlet Amanda Brownies
(Pamlet Amanda Brownies)

A.  Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weaknesses) Amanda Brownies.
Analisis kekuatan (streght) dan kelemahan (weakneses) suatu organisasi atau bisnis bertujuan untuk mengidentifikasi factor internal (dalam) yang mempengaruhi keberlangsungan dari bisnis yang dijalankan.
Analisis kekuatan (streght) dan kelemahan (weakneses) Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
1.    Strength (Kekuatan)
Strength adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program yang bersifat internal.
Kekuatan yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a.       Oleh-oleh
Amanda Brownies dapat dijadikan alternatif oleh-oleh bagi para wisatawan jika berkunjung ke kota Malang.
b.      Produk yang khas
Amanda Brownies hanya menyediakan satu macam jenis kue yaitu  “Brownies” namun dengan inovasi rasa yang berbeda sehingga akan menjadi ciri khas produk ini dan membuat konsumen lebih tertarik untuk mencoba dan membeli.
c.       Rasa
“Amanda Brownies” mempunyai banyak pilihan rasa dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan menegah ke  atas.
d.      Lokasi strategis
Lokasi “Amanda Brownies” letaknya sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh konsumen, baik itu dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
e.       Kemasan
“Amanda Brownies” menggunakan kemasan yang bercorak dan menarik yang berbeda-beda untuk setiap rasa, sehingga menambah nilai “prestigious” dari produk ini.
f.       Delivery Order
Terdapat layanan delivery order sehingga konsumen dari berbagai kota dapat memesan produk ini, namun dengan tambahan biaya pengiriman.
2.    Weaknesses (Kelemahan)
Weaknesses adalah kegiatan-kegiatan perusahaan yang tidak berjalan dengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan tetapi tidak dimiliki oleh perusahaan. Kelemahan itu terkadang lebih mudah dilihat daripada sebuah kekuatan, namun ada beberapa hal yang menjadikan kelemahan itu tidak diberikan solusi yang tepat karena tidak memaksimalkan kekuatan yang sudah ada.
Kelemahan yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a.       Produk hanya satu jenis
Produk yang ditawarkan hanya satu jenis, hal ini dapat menjadi kekuatan dari bisnis ini, namun juga dapat menjadikan kelemahan, jika selera konsumen terus berubah, bukan tidak mungkin produk ini akan di tinggalkan dan beralih ke produk lain yang lebih inovasi.
b.      Toko terbatas pada kota besar
“Amanda Brownies” bukan merupakan bisnis waralaba, jadi tidak setiap kota terdapat outlet/toko, cabang “Amanda Brownies” hanya di buka di kota-kota besar.
c.       Masa expired singkat
Brownies ini mempunyai masa expired yang relatif singkat yaitu sekitar 4 hari pada suhu kamar dan maksimum 1 minggu jika disimpan di lemari pendingin (kulkas).
B.  Peluang (Opportunity) dan Ancaman (Threat) Amanda Brownies
Analisis peluang (opportunity) dan ancaman (threat) suatu organisasi atau bisnis bertujuan untuk mengidentifikasi factor eksternal/lingkungan yang mempengaruhi keberlangsungan dari bisnis yang dijalankan.
1.    Opportunities (Peluang)
Opportunity adalah faktor positif yang muncul dari lingkungan dan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk memanfaatkan. Opportunity tidak hanya berupa kebijakan atau peluang dalam hal ini mendapatkan modal berupa uang, akan tetapi bisa juga berupa respon masyarakat atau isu yang diangkat.
Peluang yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a.       Selera
Toko Amanda Brownies memproduksi brownies kukus dengan rasa beraneka ragam. Dengan hal yang demikian, diharapkan para konsumen akan menjadi lebih tertarik membeli produk “Brownies Amanda” sesuai dengan selera masing-masing konsumen. Selain itu inovasi rasa ini juga dimaksudkan untuk membidik/menarik semua segmen pasar (pangsa pasar), mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga manula. Sehingga toko “Amanda Brownies” menjadikan selera masyarakat sebagai peluang untuk mendapatakan lebih banyak profit.
b.      Keadaan penduduk
Malang dikenal sebagai kota pendidikan sehingga setiap tahunnya semakin banyak pendatang di kota Malang, hal ini membuat bisnis makanan mempunyai prospek yang baik.
c.       Malang kota pariwisata
Selain sebagai kota pendidikan, kota Malang juga dikenal sebagai kota pariwisata. Keberadaan toko Amanda Brownies akan menjadi alternatif bagi para wisatawan untuk membeli oleh-oleh.
2.    Threats (Ancaman)
Threats adalah factor negative dari lingkungan yang memberikan hambatan bagi berkembangnya atau berjalannya sebuah perusahaan.
Ancaman utama yang dihadapi Amanda Brownies berasal dari competitor (pesaing) produk yang sejenis yaitu kue dan ataupun makanan.
Beberapa pesaing tersebut adalah:
  1. Elsari Brownies (harga brownies Elsari relatif terjangkau. Sebagai contoh harga brownies panggang ukuran besar 32x12 cm adalah Rp.27.000,- sampai dengan Rp.31.000,-. Harga ini relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan brownies Amanda ukuran 18x6 cm seharga Rp. 25.000,-.)
  2. Holland Bakery (menyediakan berbagai macam roti dan kue seperti Black Forest, Tiramisu Cake, dll, namun harga yang ditawarkan relatif mahal)
  3. Roti Boy (hanya menyediakan satu macam jenis kue sehingga tidak membingungkan konsumen, namun rasa roti yang ditawarkan mempunyai ciri khas .Ciri khas dari rotiboy adalah adanya rasa asin dibagian dalam roti karena adanya butter sedangkan bagian luarnya terasa manis karena roti ini dilapisi oleh krim kopi. Sedangkan teksturnya lembut dibagian dalam sedangkan bagian luarnya garing)
  4. Toko-toko kue tradisional yang ada di masyarakat dengan harga yang terjangkau untuk kalangan menengah kebawah.
(Pesaing-pesaing Amanda Brownies)
            Menurut Keegan (2007:4), “kekuatan kedua yang mempengaruhi persaingan dalam suatu industri adalah ancaman produk pengganti”. Dalam hal ini yang dapat menjadi produk pengganti dari kue adalah berbagai macam snack.
(produk pengganti)

3 komentar:

  1. trimaksihhh ,, sngatt bermanfaat ,,,,

    BalasHapus
  2. The Le_Meridian Funding Service went above and beyond their requirements to assist me with my loan which i used expand my pharmacy business,They were friendly, professional, and absolute gems to work with.I will recommend  anyone looking for loan to contact. Email..lfdsloans@lemeridianfds.com  Or lfdsloans@outlook.com.WhatsApp ... + 19893943740.

    BalasHapus
  3. list harga di outlet sidoRjo mna
    ap sma yg di list atas

    BalasHapus